Wednesday, January 23, 2013

PCOS? You are not alone!

Halo semua.. apa kabar?

Kali ini saya mau share tentang kondisi kesehatan saya. Saya sehat2 aja ko.. dari luar. Tapi ternyata ada sesuatu yang cukup mengganggu di dalam tubuh saya. Saya pake bahasa indonesia aja ya biar lebih bisa was wes wos.. XD Ini agak panjang loh.. Jadi siap2 cemilan ya.. =P

Pernah denger tentang PCOS? 
Mungkin ada yang pernah tau atau bahkan ga tau sama sekali. Saya juga baru tahu dari dokter. PCOS adalah Polycystic Ovary Syndrome. Apaan tuh? Singkatnya, PCOS adalah sindrom pada perempuan dimana sel2 telur di ovarium tidak bisa matang/membesar dengan normal. Apakah bahaya? Bahaya banget sih ngga, tapi sangat mempengaruhi kesuburan tentunya! Kamu bisa googling "Polycystic Ovary Syndrome" biar lebih jelas..

Ok, itu intronya.. Sekarang saya mau cerita pengalaman saya tentang PCOS ini..

Saya pernah cerita di postingan saya yang ini kalau dari dulu badan saya kuruuus... banget. Kayak orang kurang gizi. Nah.. ternyata itu ada kaitannya juga sama PCOS ini. Dulu tuh badan saya ga berbentuk sama sekali, kayak penggaris... Mending penggaris.. lidi.. Waktu SD, dimana temen2 saya udah pada pake mini set, saya masih pake kaos dalem. Hahahah.. Saya baru pake mini set sekitar SMP akhir atau SMA.. Karena ya itu, badan saya belum berbentuk seperti gadis2 lainnya. Selain fisik, secara pikiran dan emosi juga bisa dibilang masih childish dibanding temen2 yang lain. Di saat temen2 udah mulai naksir2an cowo, saya masih asik baca komik misteri. *Doh.

Menstruasi pertama saya datang di umur 15 tahun, kalau ga salah kelas 3 SMP. Agak telat kalau dibanding teman2 saya yang kelas 6 SD sudah dapet. Saya ingat terdapat (maaf) bercak di daleman, terus saya kira saya poops di celana.. Ternyata itu darah menstruasi! LOL. Saya sampe lemes2 karena belum terbiasa melihat darah..

Beberapa bulan setelah itu saya selalu dapet teratur. Hingga suatu hari saya ga dapet2 selama.. kurang lebih 5-6 bulan! Saya lupa tepatnya itu waktu SMA kelas berapa.. Saya sih sebenernya seneng2 aja ga dapet2, karena saya selalu merasa risih dan repot kalau lagi dapet. Repot bersih2nya, dan ga tahan ngeliat darah2 gitu.. (U_U"). Akhirnya saya bilang ke Mama, dia langsung panik. Lalu saya dibawa ke dokter kandungan. Di sana saya di-USG. Dokter bilang saya kurang hormon, hormon estrogen. Secara waktu itu saya ga ngerti itu apaan jadi saya iya2 aja. Terus dikasih pil KB yang katanya bisa ningkatin hormon di tubuh saya, yang harus saya minum selama 30 hari. Pas ngasih resep dokternya bilang: "Kamu minum ini ya, nanti jadi cantik..!" LOL Maksudnya apaaah??? XD Emang sih saya cungkring banget. Mungkin maksud dia saya bakal lebih berbentuk perempuan? Nyahah..

Gak lama setelah pilnya habis, saya dapet.. Lalu dicek lagi ke dokter, katanya kalau menstruasi saya ga lancar lagi harus periksa lagi. Untungnya abis dari situ menstruasi saya lumayan lancar.. Saya ga pernah ngeh sih telat apa ngga, yang pasti hampir setiap bulan saya selalu dapet.

Kejadian ga lancar menstruasi itu lalu berulang pas saya kuliah, hingga kerja bahkan setelah saya nikah.. Saya selalu ke dokter kandungan kalau itu terjadi, tapi mereka selalu jelasin "kurang hormon". Saya kira itu bukan masalah serius. Jadi ya saya tenang2 aja, dikasih resep lagi, minum lagi, dapet lagi, lancar beberapa bulan.. sampe akhirnya ga lancar lagi.. =(

Saya sempat ke ahli totok yang pake tenaga dalem, namanya Pak Iwan. Dia bilang juga itu karena hormon dan pola hidup saya yang kurang sehat. Saya harus rajin minum biang kunyit yang diparut & diambil airnya, ditambah madu asli & air jeruk nipis (repoot yaaa..). Saya juga harus banyak2 mendekatkan diri ke Tuhan. Gak lama setelah itu (2-3 harian), saya pasti dapet.. dan itu kentel banget.. (Saya sempat beberapa kali ditotok karena mulai cape ke dokter, takut ada efek samping dari pil2 hormon yang dikasih).

Hingga akhir tahun 2012 saya ga dapet lagi selama 3 BULAN!! Tadinya saya mau ditotok lagi. Tapi karena lagi sibuk luar biasa, saya ga sempat2. Karena saya juga mikir "ah paling karena hormon lagi" jadi ya tenang2 aja.. Paling sesekali minum kunyit+madu+lemon, kalau inget.

Tapi penasaran juga sih sebenernya..  What is wrong with me? Lalu akhirnya saya mutusin untuk cek lagi ke dokter. Kali ini saya ke dokter yang direkomendasi temen2 saya karena sudah terpercaya. Dokter Achmad Meidina di RS Asri. Memang sih agak mahal dibanding dokter & RS lain. Tapi kali ini saya udah bener2 ga mikir lagi, pengen tau kejelasannya.

Saya cek kemarin, 22 Januari 2012. Setelah dokter menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah menstruasi dan gaya hidup, saya di USG trans vagina. Agak canggung juga sih, soalnya ini pertama kali saya di USG trans-v di kursi, seperti ibu2 hamil XD. Di layar terlihat beberapa telur kecil di ovarium saya. Lalu dokter menjelaskan kalau itu adalah telur2 yang belum matang, kalau matang dia membesar dan turun ke tuba falopi.. Dokter Achmad menjelaskan dengan detail dan cukup dimengerti. Fyi, dokternya baiiiik dan sabaaar banget!

Lalu dokter akhirnya bilang kalau saya menderita PCOS. Dan dia bilang, penderita PCOS itu syukur banget kalau bisa hamil! Langsung shock lah saya. Suami saya yang juga nganterin terlihat tenang tapi saya tahu dia juga agak kaget. Saya dengar penjelasan dokter lebih lanjut, kalau PCOS ini ga bisa langsung dilepas gitu aja. Artinya, ga bisa tuh dikasih pil doang, terus pas udah dapet ga cek lagi.. Ini harus seterusnya.. kalau mau hamil.. Saya juga harus merombak gaya hidup saya! Dokternya juga ga bisa cuma 1, tapi harus tim.. Karena banyak yang harus diperiksa.. (O_O)

Keluar dari ruangan dokter mata saya udah berkaca2 =( Saya berusaha biasa aja di depan suami dan orang2 di RS. Tapi rasanya pengen lari ke mana gitu.. terus nangiss... Huhu.. Pikiran saya langsung kemana2.. Asli kayak kesamber petir di pagi bolong. Setelah itu saya menemui Dokter Satrio atas rujukan Dokter Achmad. Katanya beliau yang lebih ahli dalam PCOS ini. Dokter Satrio juga berkata sama, dia menjelaskan lebih detail tentang PCOS. Lalu saya dikasih resep pil Primolut-N Tablet 5 mg untuk 5 hari (diminum 3x sehari). Katanya kalau setelah pilnya habis, saya dapet, saya harus cek ke dokter lagi. Begitu pula kalau kurang dari 5 hari saya udah dapet, pilnya di-stop & cek ke RS Asri lagi untuk diambil darah biar ketahuan penyebabnya apa.

Pulang2 dari dokter saya langsung ke kantor (jadwal dokternya pagi, jadi masih sepi..). Rasanya sedih banget.. Saya cerita ke partner saya sampe air mata tumpah juga.. Huhu.. Dia juga berusaha nyemangatin, jadi saya langsung sok2 biasa aja.. Pokonya saya bertekad harus disiplin! Saya harus bisa punya anak! ^^

Siangnya saya langsung googling tentang PCOS. Ternyata ga sedikit perempuan yang menderita PCOS. Dan ga sedikit juga yang bisa hamil! Yaay!! Ada harapan! Mulai saat itu juga saya langsung jaga makanan, makan banyak buah dan stop merokok. Saya juga ga pulang terlalu malam supaya bisa masak sendiri, beras organik & sayur2an segar! Bahkan tadi pagi saya sempatkan olah raga sebentar (nge-dance). Untungnya juga suami saya sabar.. dan ganteng. NYAHAH. *ditoyor

Jadi.. begitulah kira2 pengalaman saya sejauh ini. Nah.. buat kamu, perempuan yang punya gejala seperti saya:
- Haid sering tidak teratur.
Bisa beberapa bulan ga dapet2..
- Berjerawat lumayan parah.
Katanya ini disebabkan oleh Androgen, jadi kan di tubuh perempuan juga sebenernya ada hormon laki2, begitu pula sebaiknya. Nah.. Androgen ini hormon laki2nya lebih banyak dibanding batas normalnya. Itu yang nyebabin jerawatan, tumbuhnya bulu2 halus berlebihan seperti kumisan (tapi gak setebel pak raden yah!), bentuk tubuh kurang curvy, rambut rontok, dsb..
- Dari yang saya baca, biasanya penderita PCOS punya kelebihan berat badan.
Tapi kalau saya malahan kurus.. Berarti ga begitu ngaruh ya berat badan IMHO.
- Punya gaya hidup kurang sehat.
Ga pernah olah raga, jarang makan buah, sering makan pedes, junkfood, sering begadang, merokok, tingkat stress tinggi - biasanya berhubungan dengan pekerjaan.
- Punya kadar kolesterol tinggi.
Saya pernah kolesterol tinggi banget sampe harus jaga makanan selama sebulan, rajin minum omega 3 & nutrive benecol dan nge-dance teratur untuk gantiin olah raga. Abis itu turun drastis. Terus ga lama balik lagi deh makanannya ga dijaga.. Sampe sekarang.. *Haduh
- Punya orang tua/anggota keluarga yang menderita diabetes.
(Masih banyak gejala lain yang ga ada di saya, tapi ada di penderita PCOS lainnya.. silahkan googling)
Mendingan kamu periksa ke dokter kandungan yang terpercaya, jangan dibiarin. Saya sih nganjurin langsung aja ke Dokter Satrio di RS Asri Duren Tiga. Tapi ada kemungkinan berubah seiring dengan perkembangan saya nanti..

Maaf ya agak menyimpang dari topik beauty biasanya.. Karena kesehatan itu penting banget. Percuma kalau kita terlihat cantik di luar tapi ternyata bertubuh rapuh.. =) Jadi mulai sekarang saya bakalan terus update tentang topik ini.. supaya pembaca mulai aware tentang PCOS, syukur2 kalau saya bisa buktiin kalau perempuan PCOS bisa hamil. Ini juga untuk menyemangati kamu, kalau kamu juga perempuan PCOS seperti saya, you are not alone! *BIG hugs. God knows what is best for us.. ^^

See ya!

44 comments:

devi anviana Putri said...

:( aku takut juga. soalnya haidku juga gak lancar. bulan lalu telat sebulan -_-
tapi aku kebalikan sama dirimu lho dear, aku haid kelas 5 SD. Bayangkan. haha paling bongsor sekelas.

kita berdoa dan brusaha ya. keep spirit dear :)

Anita Rachmania said...

Bermanfaat banget kak soalnya saya sering haid gak teratur. Bulan lalu 2 bulan. Dan baru denger soal ini..

Semoga kk cepat sembuh n bisa punya anak. Amin

Adel said...

mbak carryn yg sabar, ya. aku bantu doa semoga mba carryn cepet dikasih momongan :)
tetep semangat ya, mbak!
makasih udah mau sharing sesuatu yg personal tp sgt penting. GBU

Ceecile ~Priscilla Clara~ ^^ said...

Carryn yg tabah ya.. We're here to support you dear! *hugs

Xiao Vee said...

kak carryn ttp sabar n semangatt yaaa T-T smoga cpt punya momongan!
thanks for sharing :'( you're a tough and brave woman!

hanna anindhita said...

Peluk erat bgt buat carryn... Terus usaha Dan doa car, waktunya deketin diri sm Allah... Smangat Terus ya car!

maisun el dabo said...

Sabar saii.. Mpok maisun jg galau nie.. 7bln lbh nikah tp blum hamil..T.T'.. Dulu waktu awal nikah mpok kire' hamil ternyata cume telat haid doank.. Mana pake mual2 segale..' huh..

Mpok jg siklus haidx suka ngajak maen loncat2an..

Mngkin karna mpok badanx semok makanya kaga subur.. T.T'

nice information.. Bnyak kok yg PCO, PCOS sembuh total kaga pake obat dokter

rajin2 minum jus wortel biar telurx mateng..

Minum madu+kayu manis..

Dan yg penting berdo'a kepada Allah SWT.. Karena anak itu datangnya dariNya..

Rini Cesillia said...

wahhh aku baru tau ada pcos ini berkat sharingan carryn..
smangat ya car, pasti bs pnya anak, jangan patah smangat!
hwaiting! >.<

Via said...

Tetap semangat ya carryn, pasti bs punya baby <3
aku jg punya pengalaman yg sama kek km, badan kek linggis jaman" sekolah. temen" uda pd pk mini set bahkan bra, aku masi singlet lol
mens pertama x aja aku pas umur 17 thn >_< *telat sedunia bgt yak*
terkadang jg mens suka telat.
setelah baca post km ini, aku jd was was mungkin juga aku kena PCOS ini. hrs merubah gaya hidup mulai skrg :)
anyway, thanks uda sharing <3

carryn said...

Devi> Iya dear, terima kasih banyaak!! ^^

Anita> Amiin.. thanks Anita!!

Adel> Terima kasih banyak doanya del!! ^^

Cilla> Thank you so much CIllaaa… *hugs

Xiao Vee> Amiiin.. thanks Xiao Vee!!

Hanna> *peluk erat hanna. Iya haan.. thanks a lot for the support!

Maisun> Woow! Terimakasih resepnya, saya pasti coba. Thanks a lot and keep fighting too darling!! ^^

Rini> Thanks a lot Rini…!!!

Via> Amiiin.. Iya Via coba aja tes ke dokter kandungan yang terpercaya, mumpung masih muda, masih panjang waktu nyembuhinnya.. ^^ Thanks darling!!

Lalaluna said...

Thanks for sharing, Carryn, I know it needs more than just a courage to share this to public.. *hugs*

I have my cousin who share the same experience with you.. but she didn't tell me if it's PCOS or not.. gejalanya sama, dan sel telur dia ukurannya kecil, dokter bilang ini yang kendala dalam usaha dia buat hamil, until last year, dia ke dokter obgyn dan di inseminasi, sambil menjalani pengobatan supaya sel telurnya bisa membesar.. long story short, finally she got pregnant.

anyway, stay strong ya dear.. and keep inspiring :)

carryn said...

Lalaluna> WOOOW!! I'm happy for your cousin!! Thank you so much ya dear infonya!! ^^

Penulis Amatir said...

Carryn, u have really brave heart to share all ur experience to us. Moga bisa cepet hamil ya, tetap semangat!
Terima kasih udah bersedia berbagi, jadi makin nambah ilmu buat para wanita yang singgah ke blog ini

carryn said...

Penulis Amatir> Amiin.. Terima kasih banyak juga sudah berkunjung...! ^^

Mirna Prasaja-Hayslett said...

Thanks for sharing this. I work for a medical equipment company and often accompany surgeons during their surgery. I attend many myom and cyst removal cases. As women, we have to care more with our health. We have many risks. I'm gonna add your Facebook. I have many information that I can share privately.

carryn said...

Mirna> Thank you so much for your concern Mirna.. ^^ See you on facebook!!! ^^

theresia fweegy said...

hello :D Carryn, i was browsing through your blog and found this. Aku jg sih ada PCOS hehe glad that you make a post about it :') i know that i am not alone hehe

carryn said...

Hi Theresia.. thanks for visiting my blog ^^ Tetep postive thinking & hidup sehat ya dear... Saya juga lagi berusaha keras =D *big hugs

isti said...

Ya ampun, carryn...ternyata kita senasib :'( Aq udah pengobatan mulai juni taon kemarin. Udah aq share di blog-ku juga. Belum ada hasil. Dokternya mpe nyaris putus asa juga, jadi niy rencana mau inseminasi :)
Moga pengobatannya carryn lancar yaaa... *hugs*

Nur said...

jgn patah semangat say, temenku jg ada yg kyak gtu loh. dya mens 3-4bln 1x, pas cek k dokter awalnya kurang hormon, trz cek up lg ternyata sama ma kamu kena PCOS gtu, sel telurnya ga bisa mateng. tp berkat kesabaran dya & rutin berobat skrg tmnku lg hamil anak ke-2. keep praying & trying :)

carryn said...

mba isti> *hugs... sama2 mba, semoga lancar juga yaaaa ^^

nur> makasih banyak dukungan & infonya, bikin tambah optimis ^^

Nur Jayanti said...

iyah harus optimis, pasti bisa hamil kok soalnya kamu masih ada sel telur nya, cuman harus dimatengin ajah biar bisa dibuahi :)
semangat yah :D

NY said...

jujur pas baca postingan ini saya langsung nangis.. krn hampir semua tanda PCOS yang disebut mbak juga saya alami, mulai dari haid yng ga lancar, tumbuh banyak bulu di kumis, tangan dan kaki, dan sempet jerawatan parah.. tapi untuk sekarang jerawatnya udah bisa diatasi sm obat jerawat dr dokter. tinggal masalah haid yg ga lancar dan bulu2 berlebihan itu.. rencananya saya mau periksa ke dokter segera...apalagi rencananya 6 bulan lagi sy akan menikah dan tentunya mendambakan punya momongan juga...
semangat ya mbak, semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita.. amin...

carryn said...

Nur Jayanti & NY> Thanks a lot dear...!!! Iya, kita harus optimis dan tetap semangat. Pasti bisa!! ^^

AMIRANTI said...

Mb carryn... Saya jg pcos ,, kita berjuang sama2 yaa.. Saling mendoakaan.. :)

carryn said...

Amiranti> Iyaa.. tetap semangat ya darling.. ^^ *hugs

Catherine Kattie said...

Carryn... Omg... Gue org ug MALES GOOGLING MASALAH PCOS karena bagi gue buat apa pusingin. Sampai laki gue terus terusan minta baby. Terpaksa g gugling ttg pcos. G nemu blog loe. Halloo dunia sempit ketemu beb..
Yes you are not alone. Gue juga carr. Hadah 1.5thn nikah ga punya baby. Dr awalnya gue biasa aja , sampe down pas diledek org lain, sampai dihina penyakitan sama org lain.
Gila saat itu mata g terbuka. Kalo g PCOS penyakitan.
G cm berdoa smoga yg blg seperti itu sadar kalo kata kata dia kasar n nyinggung gue yg butuh support :( bukan dihina
Disaat g butuh support sakit bgt ada yg blg gt ama gue T-T
(Lah curhat colongan)

G sekarang mau sehat n sembuh, g ga mau terus terusan pcos. Skrg g diet OCD , katanya pcos ada juga krn kegemukan. Dokter minta g turun berat bdn 5-10% dr skrg
Dgn cr sehat bukan diet habis habisan.

Skrg carry gmn? Ud ada baby? Keep fighttt dear
Muah
Love
Misskattie

carryn said...

Hi Kattie ^^ *hug
So far saya belum ada tanda2 kehamilan, tapi menstruasi udah lumayan teratur, at least tiap bulan dapet ^^
Kattie tapi udah punya baby ya? Finally!! Doain yaa ^^ Harus tetep semangat kita, fighting!

Catherine Kattie said...

Engga carr.
Masih blm carry. Dalam tahap diet nih. Lg cb diet OCD , pada blg bagus. Dan olaharga berenang sama angkat beban 1-2kg kaya si deddy. Mg mg turun 5kg (target saya sama dokter)
Oiya sekarang siklus kami bep hari mens? 28hari apa 30 lebih? Share donk?
Kl da hamil info ya shareee di post.
Masalah mau hamil. Saya disalahgunakan sama org gak tgwjb blg saya hamil, pdhl kaga

carryn said...

Masih ga tentu Kattie siklusnya, biasanya di atas 30 hari gitu.. Tapi yg penting dapet kat.. Soalnya sebelumnya parah banget beberapa bulan sering ga dapet2 =( Pastiiii dear saya share kalau hamil XD
Wah ko bisa? Dokter itu yg bilang?

Catherine Kattie said...

Bukan dokter carry,
dia ini semacam alternatif dan bukan sinsei juga
gtw sebut apa?? dukunkah?? org pintarkah??
ada report komplain n keluhan gue ttg dia disini
http://www.misskattie.com/2013/08/what-happend-with-me.html
dan banyak bgt pro & contra ttg dia
yg pasti yg dukung org ini ga bs kasih bukti kalo dia benar.
yg ada org ditipu dia banyak yg bersuara di blog gue.
ati2 carr, bs bsnya g nemu org kaya gini

DinaYuliYanti said...

Hai Carryn, salam kenal :)
Kalo boleh tau treatmentnya apa ya supaya haid lancar? Kebetulan saya juga udah menikah 1 tahun n belum ada tanda2 hamil.
Udah cek dokter tapi dibilang gak PCOS, tes hormon udah juga n hasilnya seimbang. Jadi bingung knp ga lancar mensnya :(
Thx ya ^^

Neni Triana said...

Allow Carryn....
Sejarah haid yg tdk lancarmu aku bangeet tuh....setahun belakangan ini malah lbh parah 6 bulan tdk dtg haid, ke dokter dikasih obt hormon dibulan brikutnya keluar haid. Eih bln brikutnya sampe 4 bln gak dpt haid. Lalu ku konsul ke Ahli Ginekolog ku di diagnosa kena PCOS. Ku lum nikah. Mdh"an bs diobatin yaaa....:(

carryn said...

Dina> Hi dear, coba kamu cari second opinion. Saya juga dulu ga pernah didiagnosa PCOS. Pas saya cek ke spesialis baru deh ketauan kalau saya PCOS. Saya rekomendasikan kamu cek ke Dokter Satrio di RS Asri Duren Tiga karena dia spesialis masalah ini. Karena PCOS juga banyak faktornya, ga cuma karena saya yang kelainan hormon.

Neni> Iya Neni, terus semangat ya!! ^^

Pencari Tuhan said...

Bln lalu aq cek sana sini untuk persiapan pra nikah.. Dr dlu aq udh ciriga memang ada masalah sm rahim krn siklus men yg gak jelas.. Bhkan 3 thn ini siklusnya makin mundur jd 1thn sekali. Trs kt dokternya aq pcos.. Dusah punya anak bth terapi panjang dan lama.. Jd hrs kuat dan sabar.. Trs aq d ksh obat cycloproginova untuk hormon spy bs mens lg.. Aq br mulai terapi ini 1 mgu, blm keliatan hslnya memang.. Buat aq ini gak masalah.. Cm yg jd pikiran adalah perlu ga ya aq ngasih tau calon? Agak dilema jg takutnya bs jd nikahnya batal atau kalaupun jd tp rumah tangga tdk bahagia tkt disalahin jg.. Sebailnya perlu blg secepatnya atau nunggu ntr aja pas udh nikah? Please help me guys?

Natalia Tarigan said...

Carryn..

Kita sama.. ttp semangat ya.. mei 2014 saya menikah dah baru tau kl saya pcos. 3 bln saya konsumsi metformin dan akirnya stop krna bosan..dan lebih memilih mkanan dng glikemik rendah dan jalam pagi 2 x sminggu 2 jam. Dan juni 2015 sya positif hamil.. Doa yg penting minta pasti di berikan.

Roselina Setiawati said...

Dear All, dr awal nikah udah ngerasa jg kayanya kesuburan aku bermasalah krn siklus haid bisa lebih dr 30 hr dan masa haid cuma 2 hari sisanya flek2 aja .. langsung cek ke dokter dan bener sel telur aku kecil2 .. dikasi obat n vitamin , 8 bulan ga ada perubahan .. ganti dokter yg lebih senior .. awal Jan 2015 mulai deh terapi obat glucopag , vit plus pake suntik di perut Gonal F selama 2 siklus tp ga ada perubahan signifikan .. rasanya down banget sampai suami jg bingung gmn nenangin aku .. akhir nya coba ganti dokter lg, dilihat riwayat terapi nya trus cek usg ternyata yang ada malah indung telurnya membesar tp sel telur tetap kecil2 .. haduhhh .. tambah pusing rasanya .. akhirnya dokter blg kalau aku cuma andalin obat2an aja ga akan ada hasilnya , harus rubah gaya hidup , makan2 sehat n olahraga lebih banyak (heheh dokter pertama jg sempet blg begitu sih tp aku masih males aja) dan siklus haid harus maju slalu maju setiap bln nnya (max 28hari) .. akhirnya aku putusin untuk rubah gaya hidup jadi lebih sehat secara uda 1 th 1 bln nikah blum pernah sekalipun tespek nunjukin 2 garis ! setiap plg kerja slalu olahraga minimal sejam (cycling indoor) sampai keringetann , seminggu 2x ikut kelas Yoga, makan2 sehat (vakum dulu yg namanya junk food n mie instant) .. udah lebih dr 30 hari dr haid terakhir belum jg haid lagi .. ahhh pusing rasanya malah mundur lagi siklus nya tp aku tetep jalanin pola hidup yg sehat itu .. sampai akhirnya sebulan lebih dr terakhir control ke dokter itu aku dtg lagi buat cr tahu kenapa kok siklus nya malah mundur lg padahal uda extra jalanin pola hidup sehat bla bla (sambil ngeluh) .. dokternya cuma jawab "yaa gapapa kan namanya perempuan beda2 , ada yg butuh effort lebih yg penting terus berusaha" .. huffftt akhirnya dicek usg dulu seperti biasa, dan guess what heheheh ternyata udah ada kantung kehamilan dg usia 6 minggu .. rasanya aku ga percaya akhirnya disuru tespek dulu, hasilnya 2 garis !!! Ya Allah rasanya ga percaya, setahunan ini tiap tespek hasilnya slalu negatif .. Alhamdulillah skr usia kehamilan sdh 25w , ga ada keluhan berarti dr awal, janinnya sehat, dan s.d skr ga perna flek sama sekali .. hihihi rasanya ajaib banget .. oiya pas anniversary (Feb 2015) yg pertama aku ngerayainnya pake pengajian bareng anak2 yatim, skalian minta doa dr mereka , Maret 2015 jadi haid terakhir aku di th 2015 (krn ternyata hamil) .. insyaAllah kalau minta ridho Allah dan ber ikhtiar dikabulkan harapan baik kita 😇 so guys , jgn lupa rubah pola hidup kita jd lebih sehat dan jgn lupa smua Rizki datangnya dr Allah jadi minta kepada Allah dg cara yg baik 😘 Good luck !!! God Speed !!!

Nabila F. Bunyamin said...

Wow.. Now I have all that symptomps. Mba ada kenalan dokter spesialis yg paham pcos ga di Bandung? I have cystic acnes, my father has diabetes runs in his family, I live super unhealthy, I have no curves and I do have hairy legs and hands. Aku blm nikah sih, do you think it is possible to diagnose pcos on me?

Nur Halimah said...

Saya juga sering telat datang bulan, kadang 1bulan sekali dateng bulannya, tapi tanggal tidak menentu, kadang 2bulan sekali & yg terakhir saya dateng bulan tgl 25Nov tapi sampai bulan februari belum dateng bulan juga. Usia saya 20th blum menikah, karena penasaran akhirnya kemarin cek ke dr SpOg langsung, diUSG & katanya saya kurang hormon, telur saya kecil2 jadi gak bisa pembuahan. Dr menyarankan saya untuk ikut terapi hormon, sebelum ikut terapi dr kasih aku obat Primolut N, katanya buat mancing suapaya saya dateng bulan. Dan setelah obatnya abis saya belum dateng bulan juga, saya disuruh dateng lagi, dateng bulanpun disuruh dateng, pas hari pertama datang bulan katanya. Tapi saya lagi bingung, terapi hormon biayanya berkisar sampai berapa ya?? Ada yg tau gak?? Please kasihh infoo
Takutnya mahal, maklum anak rantau 😂

ZueZhan said...

Hi Carryn,

Just read this blog. Thanks for sharing.
Cerita sya,
Sya kira2 SMP kelas 1/2 mulai menstuasi.Lancarnya cuman beberapa tahun aja, setelah bbrp tahun itu dapetnya tinggal bbrapa kali aja dlm setahun, ada juga yg bbrpa tahun gak dapet sama sekali.
Berat badannya 50kg sbelum menikah.
Sya nikah tahun 2003, berat badan sudah mulai naik. Setelah bbrp tahun nikah gak hamil juga, akhirnya ke dokter, situasinya waktu itu dlm setahun cuman dapet bbrp hari, hasil periksa dokternya PCOS. Bbrp tahun rajin ke dokter akhirnya sekarang sudah bbrp tahun malas ke dokter.
Suami juga sudah periksa sperma, dan hasilya baik.
Sampe skrg belum hamil tpi masih berharap, semoga bisa suatu saat nanti.
Sama dokter di Manado, disaranin inseminasi, tpi gak mampu deh kayaknya. Lagian belum tentu berhasil krn tergantung sel telur sya. Apalagi kondis sekarang sya overweight 80kg.
Sya skrg berusaha nurunin berat badan dulu, terus kayaknya mau ke dokter lagi, apalagi usia skrg sudah jalan 33. Takut ketuaan nanti.
Semoga berhasil yah teman-teman.
God bless.

ZueZhan said...

sebelum nikah bisa di usg sis utk diagnosa pcos sama dokter, tapi yah lebih baik hindari usg trans vaginal. selaput dara nya bisa pecah krn usg pke alat yg dimasukkin ke vagina.
hope this helps.

Miss Tiaraa said...

Trus mbak caryn skg udh hamil?
Saya jg di vonis dokter pco mbak 😢
Dan skg lg masa pengobatan di suruh minum pil kb + ovacare sampai habis..
Klo sudah habis sy di suruh kembali lg utk check up..
Share share pengalaman dong bun..
Sy jg agak was was klo penderita pco sulit hamil 😢😢

JOHNSON KATE said...

As a sign of gratitude for how my wife was saved from PCOS, i decided to reach out to those still suffering from this.
My wife suffered pcos in the year 2013 and it was really tough and heartbreaking for me because he was my all and the symptoms were terrible, she always complain of heavy menstruation, and she always have difficulty falling asleep . we tried various therapies prescribed by our neurologist but none could cure her. I searched for a cure and i saw a testimony by someone who was cured and so many other with similar body problem, and he left the contact of the doctor who had the cure to pcos . I never imagined polycystic ovary syndrome. has a natural cure not until i contacted him and he assured me my wife will be fine. I got the herbal medication he recommended and my wife used it and in one months time she was fully okay even up till this moment she is so full of life. polycystic ovary syndrome. has a cure and it is a herbal cure contact the doctor for more info on drwilliams098675@gmail.com on how to get the medication. Thanks admin for such an informative blog.

Blank Slate said...

Sis, kasusnya hampir mirip sama aku. Aku juga sempet bermasalah pas SMA, trus bermasalah lagi pas kuliah.
Mau tanya sis, sekarang gimana update nya. Aku jg akhirnya ke dokter obsgyn di siloam. Dan baru kediagnosis pcos
Vitamin D ku rendah banget juga. Sekarang udah sembuh sis? Thanks for sharing yah. Menyemnagati aku bangrt.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...