Thursday, February 28, 2013

PCOS Part II - Tes Darah & HSG

Hi all..

Sesuai janji di postingan pertama, ini update tentang PCOS saya. *Warning: Postingannya panjaaang banget.. dan ga ada gambar. Jadi silahkan sedia cemilan XD

Jadi.. setelah cek di Dokter Satrio itu, saya langsung bertekad kuat hidup sehat. Pokonya ga ada ampun, saya harus olah raga rutin tiap hari (lari 5 keliling), jaga makanan (banyakin masak sayuran sendiri di rumah), kurangi stress dan banyak beribadah & berdoa tentunya.. ^^ Ga lupa minum Primolut-N Tablet 5 mg yang dikasih dokter 3x sehari selama 5 hari. Nah.. pas obatnya abis, saya masih belum dapet2 juga. Sempet khawatir, masa pake obat juga ga mempan juga? Karena kalau dapet saya harus cek lagi ke RS Asri untuk cek darah.

Akhirnyaa.. Jumat, 1 Feb 2013 malem saya dapet jugaaa.. huhu.. Tumben2an saya seneng banget kalo dapet. Dengan semangat besoknya saya langsung ke RS Asri lagi. Tapi ternyata katanya harus hari ke-3 menstruasi dicek darahnya. Hiks.. jadi pulang dengan tangan kosong. Tapi gpp, besoknya, tgl 3 Feb saya langsung cuss ke RS Asri lagi pagi-pagi buta.

Sebenernya saya paling ga suka jarum suntik. Ngeliat aja udah ngilu. Tapi demi ini, saya berani2in. Dan.. diambilnya lama aja gitu... Saya sampe ga berani liat, kalo ga salah 2 atau 3 jar-an. Udah gitu diminta puasa selama 2 jam, terus diambil darah lagi. Darah yang diambil banyaak banget.. karena yang dicek juga banyaak... XD Ini dia list yang harus dicek:
Gula Darah
- Glukosa Puasa
- Glukosa 2 Jam PP
- Insulin
Lemak
- Cholesterol Total
- HDL Cholesterol
- LDL Cholesterol
Fertility
- Estradiol
- FSH
- LH
- Prolactin
Lain-lain
- AMH

Beberapa hari kemudian saya balik ke RS Asri untuk ngambil hasil cek darah. Semua udah ada kecuali AMH, yang katanya butuh waktu 2-3 minggu. Sekalian saya ke Dokter Satrio lagi untuk minta dijelasin hasilnya. Jadi, kata beliau:

- Kolesterol - normal (secara saya udah jauhin makanan2 berkolesterol tinggi seperti cumi, telor puyuh, dsb..) LDL nya agak tinggi sih (100), jadi harus perbanyak makan sayur..
- Glukosa - normal (secara saya juga kurangin konsumsi karbohidrat, terutama nasi putih, banyak2 makan quaker oats & roti gandum)
- Insulin - normal.

Yang ga normal adalah.. hormon! Yap bener berarti kata Dokter Satrio kalau saya PCOS. Jadi Androgen saya tinggi. Itu yang nyebabin kenapa telor2 saya ga bisa membesar, kecil2.. Jadilah siklus menstruasi saya harus dibuat normal dulu, sebelum program punya anak.. =( Abis itu Dokter Satrio nyaranin saya untuk HSG. Apaan tuh? Saya pikir semacam USG gitu jadi saya iya2 aja. HSG ini harus dilakukan di hari ke-9 atau ke-10 dari hari pertama menstruasi. Nah.. pas banget kan tuh sabtunya tanggal 9 Februari itu hari ke-9 saya, jadi bisa sekalian HSG dalam waktu dekat.

Sampe depan komputer saya langsung googling HSG itu apa?
"Hysterosalpingography (HSG) is a radiologic procedure to investigate the shape of the uterine cavity and the shape and patency of the fallopian tubes. It entails the injection of a radio-opaque material into the cervical canal and usually fluoroscopy with image intensification. A normal result shows the filling of the uterine cavity and the bilateral filling of the fallopian tube with the injection material. To demonstrate tubal rupture spillage of the material into the peritoneal cavity needs to be observed. A synonym to hysterosalpingography is uterosalpingography." - Source

Dari beberapa sharing orang yang saya baca kok agak horror ya!? Pantesan di surat pengantarnya ada tulisan "dibius". Heboh banget ya pake dibius segala? pikir saya. Daan.. pas saya tanya2 lagi via telvon ke bagian Radiologi RS Asri, apa itu HSG dan kenapa harus dibius? Petugasnya bilang, sebenernya ga dibius juga gak apa2. Lagipula di hari sabtu dokter anestesi (dokter bius) biasanya sibuk. Beda harga antara dibius dengan ga dibius juga cukup jauh, dibius kalau ga salah 1.700.000 (bius total), ga dibius 625.000. Kenapa dibius lebih mahal? Karena harus pake dokter anestesi itu. Hoo gitu.. Suami saya juga nyaranin dibius aja kalau saya emang takut. Secara HSG ini ga ditanggung asuransi ya, jadi saya beraniin diri pilih yang ga dibius. Sambil dalem hati cemas2 gimana.. gitu.

Beberapa hari sebelum HSG saya parno parah. Ga kebayang rasanya kayak apa.. Ada yang bilang sakit sampe ga bisa jalan setelahnya, ada juga yang bilang biasa aja. Saya jadi sering ngelamun, kenapa ya harus saya yg di-HSG? Susah banget ya proses mau punya keturunan.. Sampe curhat sana-sini *lebay

Sampailah di hari H, Sabtu 9 Feb 2013. Dianter suami pagi2, saya dapet antrian nomor 2. Yang nomor 1 ternyata mau HSG juga. Pas dia masuk, saya langsung bisik2 ke petugasnya:
"Mba, itu yang nomor 1 dibius ya?"
"Oh ngga bu, dia ga dibius juga" *kenapa saya dipanggil bu ya btw!? NVM =|
"Oooh... tapi dia udah sering ya mba HSG?"
"Pertama kali juga ko, sama kayak Ibu ^^"
"Ho... sakit ga sih mba?" *pertanyaan yang saya tanyain ke dia berkali-kali, dari pas daftar sampe pas di telvon XD
"Nanti Ibu lihat aja pas dia udah keluar gimana reaksinya.. ^^"
"Ohiyaya.. ok mba, makasih yaa.."
Si petugas senyam-senyum ngeliat saya parno. Saya udah lemes2 aja, pasrah..

Gak lama, antrian nomor 1 kelar juga.. Pas saya perhatiin sih dia jalannya biasa aja. Ada pencerahan.. XD

Akhirnya saya diminta masuk ruangan Radiologi.. Jadi pertama2 suster mempersilahkan saya ganti baju di kamar mandi yang tersedia di dalam ruang HSG nya. Terus saya diminta berbaring di semacam tempat tidur tapi ga ada busanya, dengan posisi kaki seperti mau melahirkan gitu.. Di atas tempat tidur ada semacam alat gitu, laser kali ya? *Sotoy. Pokonya semacam alat radiologi. Terus saya diminta relax, lemesin badan.. Abis itu saya ga tau suster sama dokternya ngapain aja, soalnya saya merem semerem-meremnya Yang pasti awalnya saya ngerasa perut sakiit.. kayak mau dapet tapi versi agak lebih sakit gitu.. Bukan sakit sih, apa ya namanya? Ga enak gitu lah.. pasti perempuan ngerti lah ya.. Nah pas dimasukin alat, susternya bilang saya harus bener2 relax, kalau ga rasanya bakalan sakit karena ada benda asing yang dimasukin ke tubuh saya. Jadilah saya nurut aja.. Saya bayangin tempat2 yang enak & sepi semacam pantai gitu biar relax.. Ga lama abis itu udah selesai aja tiba2.. Apa? Gitu doang ternyata? *belagu. Abis itu saya diminta nyuci bagian kewanitaan saya sampe bersih dan boleh pake baju saya lagi. Pas saya bersih2, ada semacam cairan kuning gitu di tisunya. Kayaknya itu cairan yang disemprotkan ke tuba faloppinya. Fiuh.. kelar juga HSG tanpa dibius.. Hasilnya saya bisa ambil hari itu juga tapi harus nunggu beberapa jam karena cukup banyak pasien Radiologinya. Jadi saya putuskan ngambil pas kontrol ke Dokter Satrio aja di hari lain, sekalian nunggu hasil tes AMH juga. HSG itu menghabiskan waktu sekitar 25 menit (termasuk ganti baju & bersih2). Gak lama ternyata..

Rasanya abis HSG agak ngilu sedikit sih perut.. Badan juga masih lemes, sisa2 parno. Kadang agak nyut2an juga perutnya, tapi ga lama. Kurang lebih selama 3 hari saya ngerasa kayak gitu, abis itu udah normal lagi..

Nah.. beberapa hari sebelum berkunjung ke Dokter Satrio lagi, saya masih terus cari info tentang PCOS. Sampe akhirnya suami nemu tentang Pak Sobri. (Terharuuu.. suami ikut nyariin info :')) Beliau adalah ahli pengobatan tradisional yang udah banyak kebukti bisa nolong orang yang ingin punya keturunan... Setelah baca2 testimonial di forum2 & diskusi sama suami, akhirnya kita mutusin bakal ngunjungin beliau nanti. Jadi gabungin antara pengobatan dokter & pengobatan tradisional gitu ceritanya.. Tapi katanya pasiennya banyaaaak banget, sampe ngantri panjang gitu.

Berhasilkah saya ketemu Pak Sobri? Gimana hasil HSG dan AMH saya? Ditunggu di postingan tentang PCOS selanjutnya ya... Udah gempor nih tangan ngetiknya..

Kalau kamu juga PCOS, inget untuk selalu postive thinking, hidup sehat & dekatkan diri pada Tuhan. =)

See yaa!! ^^

6 comments:

ikeys said...

semenjak terdiagnosa pcos aku juga jadi hidup sehat. olahraga, stop minum-minuman manis dalam botol, pilih gula diet dan air putih selalu jadi pilihan utama. cemilan yang tadinya cake, cemilan-cemilan manis atau tinggi karbohidrat juga aku ganti dengan buah. Walaupun ternyata usaha ku belum berhasil..

carryn said...

ikeys> jangan patah semangat ya dear ^^

ladyfoxtrot said...

semangat ya sis... insyaAllah brhasil.. gmana updatenya skrg? hihi penasaran.. aku br baca skrg

carryn said...

Ladyfoxtrot> Thanks dear, amiin.. Nanti saya update lagi pasti di blog ini ^^

Catherine Kattie said...

G pernah HSG
hampir 850,000 dan ga ditawarin bius.
Gila ga akan lagi gue hsg.
Pas hsg g mengigil kedinginan, sakit dan tb tb bergetar dingin sampai dipegangin sama dokter n suster.
Hmmm keep fighting carry,
Kita pasti bisaaa suatuu saattt

carryn said...

Kattie> Iyaa... HSG tu deg2an yaa XD Wah mayan juga ya tuh 850ribu tanpa bius... -_- Yup, ayo semangaat!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...